Guru
|
Kelas
|
Aktivitas Guru
|
Pengalaman Belajar
Siswa
|
|
|
![]() |
![]() |
Redho Ilham
|
VII SMP
|
Siswa sudah mampu mengikuti pembelajaran online dengan baik. Guru
memberikan pembelajaran dengan model Quantum
Teaching dan metode TANDUR
(Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan) yang
modifikasi dari filosofi pengajaran dan strateginya dengan maestro pada
margin.
Pemberian media pembelajaran yang beragam dan aneka sumber belajar online yang hyperlink dan hypermedia dengan materi
pembelajaran yang relevan diberikan supaya siswa dapat memperkaya lebih
banyak lagi pengetahuan yang dapat mereka aplikasikan melalui dalam kehidupan
sehari-hari.
|
1.siswa mengamati
tayangan video yang hyperlink dengan laman youtube.
2. siswa melihat
berbagai sumber belajar untuk menambah pengetahuan siswa.
3. siswa mengerjakan
latihan dan soal-soal yang diberikan guru.
|
|
|
![]() |
![]() |
|
|
Aktivitas yang
terlihat pada proses ini adalah aktifnya siswa untuk bertanya masalah-masalah
pada video yang di upload oleh guru. Guru telah memberikan inovasi berupa
tugas kooperatif yang terdapat pembahasan maupun soal yang akan di upload
kembali jika tugas sudah dikerjakan siswa dengan benar.
|
![]()
1.siswa berdiskusi menuliskan dengan rekan sejawat yang mengikuti
pembelajaran online yang tersebut
2.siswa mendownload dan menonton video pembelajaran yang berhubungan
dengan materi yang dibahas.
3.setelah siswa belajar dari berbagai sumber yang ada, siswa menyerahkan
kembali tugas yang telah di isi kepada guru atau tutor.
|
K = Know (what do i know? / apa yang sudah saya pahami)
|
Guru : Melaksanakan pembelajaran
online
dengan model Quantum Teaching dan
metode TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai,
Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan) yang di modifikasi dari filosofi
pengajaran dan strateginya dengan maestro pada margin, merupakan salah satu
inovasi pembelajaran.
Siswa 1: Saya sudah memahami tentang sistem pencernaan makhluk
hidup terutama pada manusia, memahami sistem organ pencernaan (saluran dan
kelenjar pencernaan), berbagai zat-zat yang terkandung pada makanan.
Siswa 2 : Saya sudah memahami bahwa pencernaan terbagi
menjadi pencernaan
mekanis dan kimiawi. Serta memahami contoh-contoh
penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan.
|
W = Want (what do i want know?/apa yang ingin saya pelajari lebih
lanjut?)
|
Guru : Inovasi pembelajaran lain yang medukung terkait
system pencernaan
Siswa 1 : Yang ingin saya pelajari lebih lanjut adalah tentang
bagaimana sistem pencernaan itu berjalan jika salah satu organ tidak
berfungsi lagi sebagaimana mestinya.
Siswa 2 : Apa saja zat-zat yang terkandung
pada makanan
|
H = How (how do i find out? bagaimana saya bisa melakukannya?)
|
Guru : Mencari berbagai inovasi pembelajaran berbasis online melalui narasumber langsung
ataupun mencari dari berbagai referensi
Siswa 1 : Saya akan mencari tau tentang sistem pencernaan lebih
mendetail melalui pak guru dan berbagai sumber.
Siswa 2 : Bertanya pak guru dan baca buku di perpustakaan
|
L = Learn (what did i learned?/apa yang sudah saya kuasai?)
|
Guru : Melakukan inovasi pembelajaran berbasis online terkait materi system
pencernaan.
Siswa 1 : Saya akan mencari tau tentang sistem pencernaan lebih
mendetail melalui pak guru dan berbagai sumber.
Siswa 2 : Bertanya pak guru dan baca buku di perpustakaan
|
A = Action (what action will i take?/tindak lanjut apa yang harus saya
lakukan?)
|
Guru : Mengajak siswa untuk melakukan
inovasi pembelajaran dan mencari tahu hal-hal yang berkaitan dengan sistem
pencernaan melalui berbagai media yang terkait.
Siswa 1 : Saya akan mencari tau tentang sistem pencernaan lebih
mendetail bersama pak guru dan berbagai sumber.
Siswa 2 : Menyimpulkan hasil yang saya peroleh dari pak guru
dan berbagai sumber.
|
Q = Question (what new question do i have?/ permasalahan baru apa dari
saya?)
|
Guru : Masalah yang saya hadapi sekarang adalah keterbatasan
siswa dalam mengakses dan mencari media digital maupun tertulis.
Siswa 1 : Bagaimana melakukan uji kandungan zat padah makanan
dengan baik dan benar.
Siswa 2 : Bagaimana bakteri-bakteri pada sistem
pencernaan bisa masuk ke dalam tubuh.
|
Komentar
Posting Komentar